Rapat Pleno Pimpinan Harian LP UMKM PPM Sahkan Hasil RAKERNAS Jakarta

Penulis: Yoni Haris Setiawan

(Wakil Sekretaris IV LP UMKM PPM)

lpumkmppm.or.id. Jakarta – Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) LP UMKM PPM Tahun 2023, yang telah diberlangsungkan di Kampus FKIP UHAMKA Jakarta pada hari Sabtu-Senin, 12-14 Shafar 1445 H bertepatan dengan 29-31 Agustus 2023 M, beberapa bulan yang lalu dengan mengangkat tema“Muhammadiyah dan Gerakan UMKM Berkemajuan”.

Sebagai bentuk sinergitas dalam upaya pengimplentasian Pilar Ekonomi Umat yang telah diamanatkan dalam Muktamar Muhammadiyah dan sinergisasi ekonomi berkelanjutan, LP UMKM PPM mengadakan Rapat Pleno Pimpinan Harian LP UMKM PPM (Jum’at, 22/9/2023) bertempat di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta.

Rapat Pleno dihadiri Ketua (Toni Firmansyah), Sekretaris (Jaenudin), Wakil Ketua II (Syafruddin Anhar) sekaligus Ketua Pengarah RAKERNAS, Wakil Ketua IV (Nini Maryon Chatib), Wakil Sekretaris II (Hazuarli), Wakil Sekretaris III (Imal Istimal), Wakil Sekretaris IV (Yoni Haris Setiawan), dan Ketua Bidang II (Bambang Sutrisno) sekaligus Ketua Pelaksana RAKERNAS, serta Anggota Bidang VI (Asep Salwani).

Rapat Pleno Pimpinan Harian LP UMKM PPM bertujuan penyampaian Laporan Panitia Pengarah dan Pelaksana RAKERNAS, Evaluasi pelaksanaan program sebelumnya, dan pengesahkan hasil RAKERNAS dengan mengeluarkan Surat Keputusan terkait Program Kerja LP UMKM PPM Periode 2022-2027.

Sebagaimana Kita ketahui bersama, perhelatan RAKERNAS LP UMKM PPM yang mengundang Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mendorong Muhammadiyah jadi pelopor ekonomi dan juga memberikan program 1000 warung yang diperuntukkan bagi pelaku UMKMMU.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir membuka secara resmi RAKERNAS. Haedar mengharapkan para pelaku UMKM Muhammadiyah (UMKMMU) bersatu dalam mengoptimalkan segala potensi dalam berbisnis dan berusaha untuk menggalang kekuatan dan kekokohan ekonomi Muhammadiyah. Sinergitas dengan semua pihak dapat memberikan dampak positif yaitu untuk ketahanan ekonomi, pangan, dan penumbuhan ekonomi di sektor UMKM.

Rangkaian kegiatan RAKERNAS dimeriahkan dengan bazar dari beberapa pelaku UMKMMU baik dari luar wilayah maupun sekitar wilayah Jabodetabek. Sangat beragam produk-produk yang ditampilkan dalam arena bazar tersebut.

Selain itu juga, antusiasme pelaku UMKMMU bertemu dalam forum Temu Bisnis. Forum ini menyatukan berbagai latar belakang potensi, satu keinginan yang hendak dicapai yaitu memperkaya UMKMMU dengan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Di forum Temu Bisnis ini pun sangat menarik yakni banyaknya bertebaran katalog-katalog dari masing-masing branding yang disajikan.

Hal yang paling menggembirakan adalah forum ini bagai marketing forum terjadi tawar-menawar produk yang dipromosikan, berbagi tips, informasi, kiat sukses, dan problematika dalam menjalankan bisnis dan usahanya.

Pada RAKERNAS telah menghasilkan beberapa rumusan yang disepakati dalam Sidang Komisi. Pasca pelaksanaan RAKERNAS peserta mengharapkan adanya tindaklanjut, agar LP UMKMMU di wilayah dan daerah dapat melaksanakan segera dan melakukan percepatan gerak.

Dan mengharapkan Program Kerja LP UMKM PPM yang telah disahkan dapat dipedomani dan menjadi momentum penumbuhan kekuatan ekonomi Persyarikatan yang massif. Sehingga dapat Memperkuat Ekonomi Persyarikatan, Ekonomi Pengurus Dan Anggota, Ekonomi Umat, dan Ekonomi Bangsa.[yhs_23].

#Salam UMKMU: Sejahtera, Berkeadilan dan Berkemajuan!