Kemenko Perekonomian RI, LP UMKM PPM, IBM Bekasi dan Paramitra  Genjot Pegiat UMKM untuk Naik Kelas

Penulis: Yoni Haris Setiawan

(Wakil Sekretaris IV LP UMKM PPM)

Bekasi (23/02/2024). lpumkmppm.or,id. – Aula H.A. Malik Fadjar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kampus B Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Keuangan Inklusif dan Pemberdayaan Ekonomi bagi UMK dan Koperasi Binaan Muhammadiyah (Kamis, 22/02/2024) yang diikuti kurang lebih 200 pegiat UMKM, Pengurus Koperasi, BMT/BTM, dan Mahasiswa PTM/PTN/PTS lainnya.

Kegiatan ini hasil sinergi dan kolaborasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Lembaga Pengembang Usaha, Menengah, Kecil dan Mikro Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, dengan didukung paramitra yang terdiri dari Bank Syariah Indonesia, PT Telekomunikasi, Askrindo Syariah, Jamkrindo Syariah, PT Pertamina, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), Bank Jawa Barat dan Banten, dan PT. Ussi Pinbuk.

Rektor IBM Bekasi, Jaenudin dalam sambutanya menyampaikan bahwa keberlanjutan UMKM sangat penting dalam menopang ketahanan perekonomian nasional, supaya usaha yang Kita miliki dapat berkembang diniatkan dengan semangat.“Semangat UMKM  walaupun usia tua namun berjiwa muda, kehadiran pegiat UMKM di acara ini mudah-mudahan ini menjadi sebuah inspirasi untuk keberkahan tidak hanya dalam kehidupan duniawi namun berkah di kehidupan ukhrawi” tandas Rektor IBM.

Lebih lanjut Rektor IBM mengungkapkan, menjadi sebuah problema penting  yang dihadapi pengelola atau pemiliki usaha dalam menggiatkan UMKM tidak akan terlepas dari permodalan dan pembiayaan. “Ikuti acara ini sampai selesai karena akan dikupas lebih mendalam para Panelis dari berbagai lembaga yang membidanginya, bagaimana meminjam permodalan dan pembiayaan biar cepat, mudah, tidak diribetkan dengan ketentuan administrasi dan birokrasi, enggak ada bunganya biar ringan”. harapan Rektor IBMB.

Sementara itu, Ketua LP UMKM PPM Toni Firmansyah mengajak para pegiat UMKM Binaan Muhammadiyah agar terus membranding produk UMKM dan menangkap peluang-peluang untuk kepastian pemasarannya. Kondisi dunia usaha atau bisnis terus berkembang pesat dengan segala bentuk persaingannya. UMKM sejatinya dapat naik kelas dalam persaingan lokal, nasional maupun global.

“Saya melihat hari ini pegiat UMKM penuh optimistis dan tetap semangat, mesti adaptable dengan perkembangan zaman yang ada sekarang sudah berubah, pemanfaatan dan penggunaan teknologi sebuah keharusan, penambahan ilmu pengetahuan, pengasahan soft skill, terus berinovasi. Kuasai media sosial untuk meningkatkan promosi dan penghasilan, insya Allah secara bertahap akan berkembang UMKM Kita ini”  tukas Toni.

Menurut Bendahara BPH IBM Bekasi Muchlas Rowi, peserta mesti berkaca pada tata cara berbisnis Abdurrahman bin Auf yang terkenal dengan kemakmurannya dan keberaniannya. Ia adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW, walaupun makmur dan berani tidak melupakan untuk bersedekah. Kedermawanan dan kecintaannya terhadap sedekah itulah, Ia termasuk dalam sepuluh sahabat yang diberikan kabar gembira masuk surga oleh Rasulullah SAW.

“Karena disini yang hadir banyak Ibu-ibu setidaknya memiliki dua waktu yaitu mengurus rumah tangga dan bisnis, juga punya dua kantong yakni satu kantong suami dan satu kantong sendiri. Akan tetapi  para ibu-ibu mesti memilki karakter bisnis atau berdagang yaitu ulet dan mandiri, mengelola bisnisnya sendiri tidak banyak mengandalkan orang lain. Selalu bertindak dengan berani” ungkap Muchlas.

Adapun Deputi I Kemenko Perekonomian Fery Irawan, menegaskan bahwa Pemerintah dalam hal ini Kemenko Perkonomian memberikan perhatian terhadap kebutuhan dari UMKM terkait penyaluran bantuan permodalan dan pembiayaan untuk semua masyarakat dari berbagai kelompok baik perempuan maupun laki-laki yang bergiat dan bergerak mengelola UMKM.  Pun demikian dengan penyaluran KUR yang mudah dan murah.

“Saya berharap, kegiatan Pemerintah dan paramitra itu bisa betul-betul dioptimalkan di ekosistem UMKM binaan Muhammadiyah secara berkelanjutan, bersinergi dan berkolaborasi, Kemenko Perekonomian fokus pada pemberdayaan dan akses pembiayaan bagi UMKM, Kami siap memfasilitasi dalam pendampingan usaha dengan pemanfaatan perkembangan teknologi atau digital, keamanan data, pelaporan” harapan Fery.

Usai Pembukaan Seminas, Fery didampingi Ketua LP UMKM PPM, BPH IBM Bekasi, Rektor dan Wakil Rektor III IBM Bekasi, berkunjungan ke stand UMKM yang digelar di halaman Kampus IBM, Ia menyampaikan apresiasi dan bangga, karena para pegiat UMKM telah berperan aktif membuka dan mengisi stand pruduk-produk dengan berbagai macam kategori produk.

“Berharap dari pertemuan ini tidak hanya cukup di forum Seminas, namun dengan aksi riil melakukan pendampingan. Untuk IBM Selamat Milad Ke-9 tahun 2024, semoga menjadi motor penggerak untuk membangun UMKM, pengembangan kewiraushaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. IBM: wirausaha, UMKM, maju”  tandas Fery.

Seminar Nasional ini mengundang para Panelis yang memiliki keahlian di bidangnya yang terdiri dari Suhaji Lestiadi (Anggota Badan Supervisi Lembaga Penjaminan Simpanan), Hery Gunardi, Anton Sukrana (Bank Syariah Indonesia), PT Pertamina, Dirut BJB (Yuddy Renaldi), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), Dirut PT Ussi Pinbuk, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), Akrindo Syariah, dan Jamkrindo Syariah. Subtema yang diusung ialah Kolaborasi Pendampingan UMKM Warga Muhammadiyah dan Pengembangan BMT Kampus Berbasis Digital.

Masing-masing paramitra memberikan komitmennya dalam pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan UMKM Binaan Muhammadiyah yaitu BSI dengan Penyaluran KUR Syariah bagi UMK Binaan Muhammadiyah, PT Telkom dengan Paket Pelatihan Digitalisasi bagi UMK, Askrindo Syariah dengan Paket Pelatihan Keuangan Syariah bagi Pelaku Koperasi, Jamkrindo Syariah dengan Paket Pelatihan Keuangan Syariah bagi Pelaku Koperasi. PT Pertamina dengan Pelatihan Keuangan bagi UMK, LPDB KUMKM dengan Penyaluran Dana Bergulir bagi Koperasi, dan BJB dengan Penyaluran KUR bagi UMK Binaan Muhammadiyah. [yhs_24].

#Salam IBMB: Jiwa Muda Semangat Berkarya!

FOTO GALLERY: