LPUMKM PPM

Program Kerja Bidang I

PROGRAM KERJA
BIDANG I: TEKNOLOGI DAN KEMITRAAN

VISI

“Mendorong transformasi digital dan penguatan kemitraan strategis guna mempercepat pertumbuhan UMKM Muhammadiyah yang berdaya saing dan berkelanjutan”

A. Sasaran Program

  1. Meningkatkan literasi dan pemanfaatan teknologi digital oleh pelaku UMKM Muhammadiyah.

  2. Membangun kemitraan strategis dengan pemerintah, swasta, dan lembaga keuangan untuk mendorong penguatan ekosistem UMKM.

  3. Menyediakan platform digital untuk fasilitasi pemasaran, pelatihan, dan pendataan UMKM Muhammadiyah secara nasional.

B. Program Unggulan

1. Digitalisasi UMKM Muhammadiyah

Kegiatan:

  • Pengembangan platform database nasional UMKM Muhammadiyah.

  • Penyusunan profil digital UMKM (profil usaha, produk, legalitas, lokasi, dll).

  • Pelatihan pembuatan katalog digital dan promosi media sosial.

Target:

  • 1.000 UMKM terdigitalisasi per tahun.

Output:

  • Portal UMKM Muhammadiyah (versi web & mobile).
2. Pembangunan Aplikasi “UMKM Muhammadiyah Mart”

Marketplace berbasis komunitas untuk menjual produk UMKM Muhammadiyah.

Fitur:

  • Katalog produk per wilayah.

  • Sistem rating dan review.

  • Pembayaran syariah (QRIS, transfer, dompet digital).

Kemitraan:

  • Tim IT Perguruan Tinggi Muhammadiyah, start-up Muslim, marketplace nasional.

Output:

  • Aplikasi berbasis Android/iOS dan web.
3. Pelatihan Literasi Teknologi Digital untuk UMKM

Materi:

  • Manajemen media sosial, digital marketing, e-commerce, kemanan siber, dan penggunaan AI sederhana.

Metode:

  • Kelas daring (by Zoom, G-Meet, dll), Hybrid, dan Modul pelatihan berbasis LMS.

Kolaborasi:

  • Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah

  • Perusahaan Nasional (Negeri dan Swasta)

  • Google UMKM

  • Kominfo

Output:

  • Sertifikat pelatihan dan pendampingan per wilayah.
4. Program Kemitraan Bisnis dan Rantai Pasok (Supply Chain Muhammadiyah)

Kegiatan:

  • Menjembatani UMKM sebagai pemasok ke ritel Muhammadiyah (rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi)..

  • Program “Belanja Produk Umat” untuk AUM.

Kemitraan:

  • Lazismu, Induk BMT, koperasi, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

Output:

  • Sistem distribusi dan agregasi produk antarwilayah.
5. Kolaborasi dan MoU Strategis

Target Mitra:

  • Kementerian Perdagangan RI

  • Kementerian Koperasi dan UKM

  • Otoritas Jasa Keuangan

  • BUMN (PT Pos, Telkom, PLN, dll)

  • BSI, BMT, dan fintech syariah

  • Lembaga inkubator PTMA

  • Kominfo

Bentuk Kerjasama:

  • Dana bergulir & akses pembiayaan syariah

  • Pelatihan bersama

  • Pemasaran produk dalam jaringan mitra

Output:

  • Minimal 10 MoU aktif dalam kurun waktu 2 tahun.