LP UMKM PPM dan Sinar 12 Gagas Pilot Project Minimarket “Sinar 12” di IBM Bekasi

Penulis: Yoni Haris Setiawan (Wakil Sekretaris IV LP UMKM PPM)

Bidang Ekonomi Muhammadiyah dalam Program Pengembangan Jaringan dengan mengintensifkan kerja sama ekonomi dan bisnis di seluruh tingkat Persyarikatan, serta mobilisasi sumber-sumber permodalan, kegiatan produksi, jalur distribusi dan pemasaran baik internal maupun eksternal Persyarikatan.

Berdasarkan hasil putusan Rapat LP UMKM PPM, bahwa LP UMKM harus menjadi developer (pengembang) bukan pelaku bisnis. Adapun pelakunya adalah warga Muhammadiyah sebagai pribadi, kalau warga Muhammadiyah berbisnis maka Muhammadiyah dikembalikan kepada semangat awal Muhammadiyah yaitu menjadi para saudagar (entrepreneur). Sesuai dengan tujuan LP UMKM PPM dalam mengembangkan ekonomi untuk mensejahterakan anggota, pengurus, dan persyarikatan.

Pelaksanaannya secara riil di operasionalisasikan Lembaga Pengembang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LP UMKM PPM), bahwa dalam rangka Program Pengembangan Jaringan ekonomi Muhammadiyah dengan mengintensifkan kerja sama dengan berbagai pihak. IBM Bekasi dan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) ditunjuk sebagai pilot project (proyek percontohan)untuk pengembangan usaha Persyarikatan dan Warga Persyarikatan.

Harapan besar Muhammadiyah mesti berjaya dalam sektor ekonomi maka Muhammadiyah harus mempunyai berbisnis. Warga Muhammadiyah harus berjaya dalam sektor ekonomi maka warganya harus bebisnis, dan umat Islam harus berjaya dalam sektor ekonomi maka umatnya mesti berbisnis.

Demikian yang dikemukakan Rektor IBM Bekasi, Jaenudin pada acara “Silaturrahim Pelaku UMKM Muhammadiyah Kota dan Kabupaten Bekasi” (Sabtu, 9/12/2023) yang bertempat di Aula Abdul Malik Fadjar Kampus 2 Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi. Kegiatan ini didukung penuh IBM Bekasi sebagai tuan rumah, PT Sinar 12 Bukit Barisan, PT SR 12 Herbal Kosmetik, dan PT Fajar Global Entrepreneur (FGE).

“Kongkritnya IBM Bekasi telah mendirikan sebuah Perseroan dengan nama PT FGE yang menjadi wadah penggerak dalam sektor berbisnis, akan menggerakkan usaha distributor bersinergi dengan PT Sinar 12 dan SR 12. IBM Bekasi akan mewujudkan dalam tahun 2024 dengan membuka Minimarket Sinar 12” tandas Rektor IBM Bekasi.

Sementara itu, Toni Firmansyah sebagai Owner, CEO PT Sinar 12 Bukit Barisan dan Ketua LP UMKM PPM menjelaskan bahwa dengan menjalankan bisnis dan membangun kemitraan PT FGE dengan PT Sinar 12, Pelaku UMKM Muhammadiyah baik di tingkat cabang, daerah dan wilayah perekonomian Muhammadiyah akan berkembang dan maju sesuai dengan Pilar Ekonomi Umat yang telah di amanatkan Muktamar Ke-47 di Makassar.

“Berharap UMKM Muhammadiyah yang Kita jalankan akan mendapatkan kepastian pemasaran, sistem manajemen yang baik, pelatihan, permodalan. Jangan pernah ragu untuk berbisnis, semua sudah Kami sediakan, tinggal Bapak/Ibu yang hari ini hadir menyiapkan lahan dan sumber daya manusia atau pengelolanya, Insya Allah UMKM Muhammadiyah akan naik kelas dan dapat bersaing dengan yang lainnya” tandas  Toni Firmansyah.

Adapun Komisaris PT Sinar 12 Bukit Barisan, M. Hafiz Chaniago menyampaikan paparannya secara teknis terkait kemitraan, bahwa PDM, PDA, PCM, Majelis Ekonomi, LP UMKM Muhammadiyah daerah dapat bermitra dengan mengikuti Skema Waralaba yang dibangun Sinar 12 yaitu Brand New Branch, New Branch, Join Branch, dan Branch Take Over.

“Penerapan strategi yang efektif dalam ritel waralaba dapat membuka potensi pertumbuhan dan profitabilitas yang sangat besar dengan mengedepankan pemilihan lokasi, inovasi pemasaran, dan keunggulan operasional. Bisnis Waralaba dapat berkembang di pasar yang kompetitif saat ini” ungkap Hafiz.

Hafiz mengajak pada segenap PDM, PDA, PCM, Majelis Ekonomi dan Pelaku UMKM Muhammadiyah Kota dan Kabupaten Bekasi untuk dapat menggerakkan roda ekonomi organisasi di masing-masing tingkatan dengan memperhatikan 3 langkah mudah menjadi mitra yakni Pengajuan, Survei, dan Persetujuan.

Dan untuk tahap awal PT FGE dan PT Sinar 12 Bukti Barisan akan digagas dan dibuka Minimarket “Sinar 12” di Kampus IBM Bekasi sebagai pilot project. Juga PT FGE diamanahkan untuk membuka pergudangan produk Sinar 12 sebagai distributor di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Selanjutnya sejalan dengan itu sebagai tindaklanjut acara “Silaturrahim Pelaku UMKM Muhammadiyah Kota dan Kabupaten Bekasi”, segenap Majelis Ekonomi dan LP UMKM PDM, PDA, PCM Kota dan Kabupaten Bekasi untuk dapat mempersiapkan potensi dan kekuatan serta optimalisasi peran dengan membuka minimarket yang serupa. Penyiapan lahan, sumber daya yang profesional (tidak cawe-cawe) menjadi prioritas, selain sistem manajemen dan pelatihan sumber daya dan digital marketing yang akan dibina PT Sinar 12 Bukit Barisan.

Hafiz juga menganjurkan untuk pengajuan Business Plan Proposal dapat disampaikan pada PT FGE sebagai mitra Sinar 12. PT FGE juga sebagai distributor produk-produk Sinar 12 untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya. Hal ini akan memasok kebutuhan-kebutuhan produk minimarket atau gerai-gerai UMKM Muhammadiyah yang berada di Bekasi. [**]

Dok. Foto: Panitia Pelaksana Silaturrahim

GALERRY FOTO: